Selasa, 04 Maret 2014

CARA SA'I - RASULULLAH SAW




Jabir meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW melakukan thawaf di Baitullah sebanyak tujuh kali putaran. Beliau berlari kecil sebanyak tiga kali putaran dan berjalan biasa sebanyak empat kali putaran.

Kemudian beliau berdiri di sisi Maqam Ibrahim lalu mengerjakan shalat dua rakaat. Berikutnya beliau membaca ayat, 

“Wattakhidzu mim maqami Ibrahima mushollaa (Dan jadikanlah sebagian Maqam Ibrahim sebagai tempat shalat) (QS. Al-Baqarah: 125).”
Beliau mengeraskan suaranya sehingga terdengar oleh orang-orang, lalu beliau bangkit kemudian menyentuh Hajar Aswad. 

Selanjutnya beliau pergi seraya bersabda, “Kita akan memulai dengan apa yang Allah mulai.”

Beliau memulai dari Shafa, lalu beliau naik ke atasnya sehingga Baitullah tampak jelas terlihat, maka beliau mengucapkan tiga kali, 

“La ilaha illa Allah wahdahu la syarika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyi wa yumitu, wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir

 (Tidak ada tuhan selain Allah, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan, dan bagi-Nya segala pujian, Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu).”
Berikutnya beliau mengagungkan dan memuji Allah, lalu berdoa dengan apa yang telah ditakdirkan bagi beliau. Setelah itu, beliau turun dengan berjalan biasa sehingga kedua kakinya tepat berada di perut masi’il (jalan air). Beliau berlari kecil lagi sehingga kedua kakinya menanjak, lalu berjalan biasa sehingga sampai di Marwah.
Kemudian beliau menaikinya, sehingga Baitullah tampak jelas terlihat. 
Beliau pun mengucapkan,

 “La ilaha ilallah wahdahu la syarika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai’in qadir 

(Tidak ada tuhan selain Allah, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan, dan bagi-Nya segala pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu).”
Beliau mengucapkannya sebanyak tiga kali, kemudian beliau berdzikir kepada Allah, bertasbih dan bertahmid. Selanjutnya beliau berdoa dengan apa yang dikehendaki Allah. Beliau melakukan hal itu sampai beliau menyelesaikan sa’i.
 (HR. Nasa’i: V/235-236).

Ja’far bin Muhammad menceritakan dari ayahnya, “Jabir bercerita kepada kami, bahwa Rasulullah SAW naik ke atas bukit Shafa. Ketika beliau memandang ke arah Baitullah, beliau bertakbir.” (HR. Nasa’i: V/240).
Ja’far bin Muhammad juga menceritakan riwayat lain dari ayahnya, Jabir, ketika Rasulullah SAW berdiri di atas bukit Shafa, beliau bertakbir sebanyak tiga kali, kemudian mengucapkan, “La ilaha illallah wahdahu la syarika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai’in qadir (Tidak ada tuhan selain Allah, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan, dan bagi-Nya segala pujian, dan Dia Maha Kuasa alas segala sesuatu).”
Beliau melakukan hal itu sebanyak tiga kali, lalu berdoa. Dan beliau juga melakukan hal yang sama di atas bukit Marwah. (HR. Nasa’i: V/240).
Diceritakan dari Shafiyah binti Syaibah, dari seorang perempuan, katanya, “Aku melihat Rasulullah SAW berlari kecil di perut masi’il, seraya mengucapkan, “Lembah tidak terpotong kecuali dengan kekuatan.” (HR. Nasa’i: V/242).
Menurut Ibnu Abbas r.a. orang pertama yang melakukan sa’i di antara bukit Shafa dan Marwah adalah ibu Isma’il. (Al-Fakiliy: 11/210).
Diriwayatkan dari Katsir bin Jamhan, bahwa seorang pria berseru kepada Abdullah bin Umar di antara Shafa dan Marwah, 

“Hai Abu Abdurrahman, aku melihat engkau berjalan, sementara orang-orang berlari kecil.”

Abdullah menjawab, “Jika aku berjalan, berarti aku telah melihat Rasulullah SAW berjalan, dan jika aku berlari kecil, maka berarti aku telah melihat Rasulullah SAW berlari kecil. Dan aku adalah orang yang sudah tua.” (HR. Abu Daud: 11/182).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar